Rabu, 01 Agustus 2012

PROGRAM PENGEMBANGAN MAHASISWA



Program merupakan suatu rancangan mengenai asas serta usaha untuk mewujudkan suatu hal. Universitas Negeri Yogyakarata (UNY) memiliki berbagai macam program untuk pengembangan bakat dan potensi mahasiswa baik itu secara afektif, psikomotorik dan kognitif. Program dari Uny diantaranya adalah OSPEK yaitu program awal untuk mahasiswa baru untuk pengenalan kampus baik itu secara pembelajaran, cara belajar, suasana kampus, birokrasi dan kelembagaan  diharapkan setelah program Ospek mahasiswa baru UNY cepat bisa beradaptasi yang pada akhirnya akan terciptanya iklim pembelajaran yang baik serta mahasiswa UNY yang berdaya saing tinggi
Dalam program OSPEK ini didalamnya terdapat program untuk pengembangan potensi, minat,serta bakat   yang dimana setiap mahasiswa akan dibagi kedalam beberapa bidang, yaitu:

A.    Leadership
Leadership atau kepemimpinan merupakan salah satu hal wajib yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa. Kepemimpinan tidak hanya diperlukan dalam berorganisasi saja, namun didalam kelas dan dimasyarakat pun memerlukan sikap kepemimpinan. Kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting karena mahasiswa dituntut harus bisa memimpin dirinya sendiri dan memimpin orang lain serta bekerjasama, hal ini bisa didapat melalui organisasi mahasiswa Beberapa organisasi yang ada di kampus seperti BEM, HIMA, dan UKM bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk melatih bakat kepemimpinan yang mereka miliki.

B.     Penelitian
Sebagai seorang mahasiswa tentu banyak tuntutan yang akan kita lalui dalam proses pembelajaran diantaranya karya tulis/karya ilmiah yang menuntut kita untuk melakukan penelitian dalam pemenuhan tugas seperti makalah/paper, PKM, skripsi, dan sebagainya. Menulis hal-hal seperti makalah/paper, PKM serta skripsi bukanlah hal yang mudah, memerlukan suatu keterampilan khusus dan ide baru yang brilian untuk bisa menghasilkan sebuah proposal, tulisan, serta sebuah laporan penelitian yang apik. Dalam hal ini, bidang penelitianlah yang dapat membantu untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan tersebut, yang pada akhirnya bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menghadapi makalah/paper, PKM, serta skripsi. Wadah yang tersedia di kampus untuk mengembangkan minat serta bakat di bidang penelitian antara lain adalah UKM Penelitian, baik di tingkat Universitas. Sedangkan di tingkat Fakultas sendiri ada UKM F Reality sebagai wadahnya.
Di Fakultas Ilmu Pendidikan sendiri terdapat program untuk menggiatkan mahasiswa untuk melakukan penelitan, khususnya PKM. PKM kependekan dari Program Kreativitas Mahasiswa, kreativitas disini diwujudkan melalui gagasan (ide) mahasiswa yang dituangkan melalui penulisan karya tulis. Bahkan dengan program ini mahasiswa dapat berprestasi. Kegiatan dari Fakultas tersebut diantaranya ada PLM (Penelitian Latihan Mahasiswa),  Pelatihan PKM GT-AI (Gagasan Tulis dan Artikel Ilmiah), Pelatihan PKM Lima yaitu PKM-K (Kewirausahaan), PKM-KC (Karya Cipta), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-P (Penelitian), dan  PKM-T (Teknologi). Kemudian follow up dari kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa dapat berprestasi di tingkat nasional pada agenda yang bergengsi yaitu PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). Mahasiswa dapat mengunduh penduan penulisan PKM lebih detail di web Dikti (www.dikti.go.id). Teman-teman mahasiswa juga dapat mengikuti perkembangan prestasi mahasiswa UNY di web UNY yaitu www.uny.ac.id. Dan di FIP tentu terdapat media untuk mahasiswa meng-update info terbaru tentang PKM.

C.     Jurnalistik
Dunia mahasiswa tentu tidak jauh dari dunia kepenulisan. Mahasiswa dapat mengutarakan pendapat, ide, saran ataupun kritik bagi institusi maupun orang lain melalui tulisan. Ketrampilan mahasiswa di dunia penulisan juga diperlukan mengingat mahasiswa nantinya akan menyusun skripsi ataupun karya tulis ilmiah.
Kapita selekta jurnalistik diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam dunia kepenulisan. Jurnalistik ataupun dunia kepenulisan yang dimaksud mencakup banyak tema. Tidak hanya kepenulisan dalam bidang ilmiah saja, namun juga kepenulisan dalam bidang lain seperti penulisan fiksi, berita, opini dsb. Mahasiswa diajak untuk menulis. Apapun yang ingin mereka tulis.
Beberapa hal yang perlu digarisbawahi mengenai kapita selekta jurnalistik, mahasiswa tidak dibatasi oleh terkekangnya pendapat mereka. Mahasiswa bebas mengutarakan apappun yang ingin ia tulis. Baik itu berupa kritik, saran ataupun pendapat. Melalui tulisan, mahasiswa dapat pula mempengaruhi kebijakann sebuah institusi. Harapannnya, semakin banyaak mahasiswa menulis, banyak pula karya-karya yang patutt dibanggakan dari hasil menulis. Wadah bagi mahasiswa yang berminat di bidang jurnalistik terdapat di HIMA masing-masing jurusan, dimana di dalamnya terdapat biro kominfo. Wadah yang lain yaitu adanya UKM Ekspresi yang bergerak di bidang jurnalistik, dan MIKAFIP yang merupakan web milik pers FIP.

D.    Kewirausahaan
Istilah kewirausahaan tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tidak hanya kalangan orang dewasa yang bisa menjadi wirausahawan, namun kalangan pelajar dan mahasiswa pun bisa menjadi wirausahawan. Kegiatan wirausaha juga menjadi salah satu cara untuk menguragi jumlah pengangguran yang ada di indonesia. Karena peluang wirausaha yang masih terbuka lebar membantu setiap kalangan masyarakat dalam membuat peluang kerja. Melihat peluang tersebut, mayoritas Universitas di Indonesia mengadakan program kewirausahaan bagi mahasiswa, di UNY sendiri dikenal dengan Program Mahasiswa Wirausaha atau PMW yang di khususkan bagi mahasiswa yang berminat dan memiliki kemauan untuk membuka usaha mandiri. Bagi mahasiswa yang ingin mengasah minat dan bakatnya di bidang kewirausahaan, dapat bergabung di UKM KOPMA UNY, maupun di HIMA masing-masing jurusan di biro/departemen yang mengurusi bidang kewirausahaan.

0 komentar:

Posting Komentar